Sabtu, 05 April 2008

Best Seller



Al Quran Kitab Toleransi

Islam sebagai agama yang datang paling akhir mempunyai pandangan yang relative komprehensif tentang pentingnya cinta-kasih. Islam adalah agama yang meletakkan ajarannya tidak hanya untuk kalangan Muslim, tetapi juga untuk menusia di seantero dunia. Ajaran tentang cinta-kasih telah menjadi landasan yang menyebabkan Islam menjadi agama yang berada pada garda depan untuk mengusung kemanusiaan. Cinta-kasih merupakan ruh yang akan menjadikan sebuah komunitas agama menghargai agama yang lain, karena dalam cinta-kasih yang menjadi panglima adalah solidaritas dan kesetaraan sebagai manusia, makhluk Tuhan.


Dalam hal ini, umat Islam mempunyai tanggungjawab yang besar untuk menghadirkan ajaran cinta-kasih dari sumber yang paling otoritatif dalam khazanah Islam, yaitu al-Quran. Sebagaimana dijelaskan secara panjang lebar diatas, bahwa al-Quran dalam kapasitasnya sebagai Kitab yang membawa keistimewaan, mutiara dan kemanusiaan universal, maka pembacaan yang mendalam terhadap al-Quran amat diperlukan. Membedah al-Quran merupakan salah satu upaya alternative untuk menemukan kembali ajaran cinta-kasih, yang sebenarnya sudah dilakukan para ulama terdahulu.
Al-Quran yang diyakini oleh umat Islam sebagai pedoman hidup, sudah semestinya dipahami untuk membumikan toleransi. Tentu saja, harus diimani pula, baha ajaran cinta-kasih merupakan ajaran yang inheren dalam agama-agama samawi terdahulu. Apa yang disampaikan al-Quran, pada hakikatnya hendak menyempurnakan dan melanjutkan ajaran yang mulia tersebut. Karena itu,meletakkan toleransi sebagai nilai utama dalam keberagaman umat Islam merupakan salah satu upaya menghindarkan sesuatu yang fundamental dalam Islam.

Zuhairi Misrawi, Al-Quran Kitab Toleransi-Inklusivisme,Pluralisme dan Multikulturalisme, [Jakarta: Fitrah,cet.I ,2007, hal.229]

Demikian tadi cuplikan paragraph dari sebuah buku yang sangat monumental,tegas,jelas dan lugas dalam mendengungkan toleransi si muka bumi. Tidak tanggung-tanggung buku ini menghadirkan kata pengantar dari KH. Abdurrahman Wahid dan Prof.Dr.Ahmad Syafii Ma'arif. Untuk lebih menyelami kedalaman isi buku ini silahkan membelinya di toko-toko buku terdekat.
Atau kontak ke Email penerbit :penerbit_fitrah@hotmail.com, HP: 081806607139

1 komentar:

Anonimmengatakan...

kalo nggak toleran, mana bisa memahamkan saya tentang islam! salam kenal juga mas. thanks kunjungannya!

http://pencangkul.blogspot.com

 
© Copyright by Islam And Peace  |  Template by Blogspot tutorial